JANGAN SAMPAI TERLENA!

 23 Rabiul Awal 1442 H / 09 November 2020 

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Zaman yang semakin maju dan berkembang menutut manusia harus bisa beradaptasi dengan situasi sekarang mulai dari tuntutan pekerjaan, dakwah , sampai yang lainnya. Namun tanpa kita sadari manusia juga perlahan meninggalkan hal – hal yang dilakukan oleh orang tua zaman dahulu mulai dari budaya, adat istiadat karena tergerus oleh kemajuan dunia yang tak terbendung, disisi lain sebagai generasi milenial jangan sampai hal – hal yang sudah di wariskan oleh nenek moyang kita. Karena sejatinya perjalanan dewasa ini tak lepas oleh “sentuhan-sentuhan “ pendahulu.

 Bumi yang semakin menua , manusia yang dimudahkan dengan segala kemajuan yang ada mulai teknologi dan yang lainya  dengan segala konsenkuensi di zaman saat ini yang penuh dengan fitnah, berita bohong yang tak bersumber dari mana asalnya , aplikasi – aplikasi yang membuat generasi kita semakin terjerumus dengan zona merah.belum lagi content – content yang tidak layak untuk di”konsumsi” oleh khlayak ramai  yang berdampak masalah – masalah yang muncul di kalangan masyarakat dari media sosial tanpa bisa mengkontrol lisan atau tulisan hal-hal seperti itu yang sering kita jumpai, lihat di zaman teknologi modern ini. contoh hal kecil saja kemajuan – kemajuan yang sering kita gunakan sehari – sehari telepon genggam  / handphone, manusia sekarang seakan-akan hidup tanpa HP selaksa sayur tanpa garam, bangun pagi dan tidur lagi manusia ingatnya HP bukan Al-quran . Manusia harus dibenturkan dengan  kemajuan yang terus berkembang tanpa henti dengan kesan semua akan  mempermudah pekerjaan manusia tapi kenyataan nya banyak efek negative yang tidak bisa dibendung oleh manusia itu sendiri yang tidak bisa mengendalikan kemajuan itu sehingga manusia itu terlena dan melakukan hal – hal yang ditentang oleh agama seperti contoh diatas menjaga lisan maupun tulisan yang tidak pantas untuk di baca atau didengar.

 Allah SWT sudah mengingatkan bahwa manusia harus bisa memelihara apa yang sudah ada sekarang dengan hal – hal yang baik bukan hal yang buruk. Allah SWT sudah berfirman di dalam Surat An- Anbiyya Ayat Ke 80.  .

 Akan tetapi manusia sering lalai akan yang dihimbaukan didalam Al-Quran Dosa kecil yang biasa dengan bentuk pembiaran , bahkan dosa besar pun dianggap sangat biasa oleh manusia. Sebagai insan yang beriman seyogyanya manusia dapat mengendalikan apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT akan kemudahan-kemudahan yang ada sudah sekarang dengan cara yang elegan seperti memanfaatkan teknologi sebagai menggali ilmu,mengikuti majelis taklim, mempererat silahtuhrahmi dengan sanak saudara, media bekerja dan masih banyak lagi.

 Pada intinya manusia harus pintar – pintar memanajemen teknologi dan kemajuan di era sekarang tanpa meninggalkan budaya-budaya  yang ditanamkan oleh pendahulu kita. Dan selalu berhati – hati dalam menggunakan teknologi semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat nya untuk pembacanya dan bagi kita semua agar kita selamat di dunia  maupun diakhirat,dan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW.

 Tak perduli seberapa hebat anda di muka bumi, yang terpenting seberapa bermanfaat selama hidup ini  ( Gus Kautsar PP Al – Falah Ploso – Kediri)

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh




Komentar

  1. AJOQQ menyediakan 9 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)
    WA;+855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LATAR BELAKANG dan SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH

NAMA PENGAJAR DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

RALAT INFORMASI